Home

Teotihuacan

Teotihuacan

Pra-Hispanik Kota Teotihuacan  

Lihat dari Avenue of the Mati dan Piramida Matahari , dari Piramida Bulan


Negara Meksiko
Jenis Kultural
Kriteria I, II, III, IV, VI
Referensi 414
Daerah ** Amerika Utara

Prasasti sejarah

Prasasti 1987 (11 Sesi )

 

 

Pemandangan dari Piramida Matahari

TeotihuacanTeotihuacán juga menulis, dengan aksen ortografi Spanyol pada suku kata terakhir – adalah besar arkeologi situs di Cekungan Meksiko , hanya 30 mil (48 km) timur laut dari Mexico City, yang berisi beberapa yang terbesar struktur piramida dibangun pada pra -Columbus Amerika . Selain struktur piramidal, Teotihuacan juga dikenal untuk kompleks perumahan besar, Avenue of the Dead, dan banyak warna-warni, terawat baik mural . Selain itu, Teotihuacan menghasilkan gaya tembikar tipis jeruk yang menyebar melalui Mesoamerika.

Kota ini diperkirakan telah didirikan sekitar 100 SM dan terus dibangun sampai sekitar 250 AD. Kota ini mungkin berlangsung sampai beberapa waktu antara abad ke 7 dan 8. Pada puncaknya, mungkin dalam paruh pertama milenium 1 AD, Teotihuacan adalah kota terbesar di pra-Columbus Amerika, dengan jumlah penduduk mungkin 125.000 atau lebih, menempatkannya di antara kota-kota terbesar dunia dalam periode ini. Teotihuacan dimulai sebagai pusat keagamaan baru di Highland Meksiko sekitar ketika Kristus hidup. Kota ini muncul sebagai pusat terbesar dan terpadat di Dunia Baru. Teotihuacan bahkan rumah untuk multi-lantai senyawa apartemen dibangun untuk mengakomodasi populasi yang besar. Peradaban dan kompleks budaya yang terkait dengan situs ini juga disebut sebagai Teotihuacan atau Teotihuacano.

Walaupun merupakan subyek perdebatan apakah Teotihuacan merupakan pusat kerajaan negara, pengaruhnya di seluruh Mesoamerika didokumentasikan dengan baik; bukti kehadiran Teotihuacano dapat dilihat di berbagai situs di Veracruz dan wilayah Maya . Suku Aztec mungkin telah dipengaruhi oleh kota ini. Para etnis penghuni Teotihuacan juga merupakan subyek perdebatan. Kandidat adalah Nahua , Otomi atau Totonac kelompok etnis. Para ahli juga menyarankan bahwa Teotihuacan adalah negara multietnis.

Nama

Para Teotihuacan nama diberikan oleh Nahuatl berbahasa Aztec abad setelah jatuhnya kota. Istilah ini telah glos sebagai “tempat kelahiran para dewa”, yang mencerminkan Nahua mitos penciptaan yang dikatakan terjadi di Teotihuacan. Teotihuacan adalah (Aztec) yang berarti nama Nahuatl “tempat di mana dewa-dewa lahir”. [5] Nahuatl sarjana Thelma D. Sullivan menafsirkan nama sebagai “tempat mereka yang memiliki jalan para dewa.” [6] Hal ini karena Aztec percaya bahwa para dewa menciptakan alam semesta di situs tersebut. Nama ini diucapkan pengucapan Nahuatl: [te.o ː ti ː waka ː n] di Nahuatl , dengan aksen pada suku kata wa. Dengan biasa konvensi ortografi Nahuatl, aksen ditulis tidak akan muncul dalam posisi itu. Kedua lafal ini dan pengucapan Spanyol Spanyol: [te.otiwakan] yang digunakan, dan keduanya ejaan muncul dalam artikel ini.

Nama asli kota tidak diketahui, tetapi muncul dalam teks-teks hieroglif dari wilayah Maya sebagai puh, atau “Tempat Reeds”.  Hal ini menunjukkan bahwa Maya dari Klasik periode dipahami Teotihuacan sebagai Tempat Reeds mirip dengan lainnya Postclassic Meksiko pemukiman Tengah yang mengambil nama Tollan , seperti Tula-Hidalgo dan Cholula .

Ini konvensi penamaan menyebabkan banyak kebingungan di awal abad 20, sebagai ulama memperdebatkan apakah Teotihuacan atau Tula-Hidalgo adalah Tollan dijelaskan oleh sejarah abad ke-16. Sekarang tampaknya jelas bahwa Tollan dapat dipahami sebagai istilah generik Nahua diterapkan untuk setiap pemukiman yang besar. Dalam konsep Mesoamerican urbanisme, Tollan dan setara bahasa lain berfungsi sebagai metafora , menghubungkan bundel dari alang-alang dan rumput yang membentuk bagian dari endapan danau lingkungan dari Lembah Meksiko dan pertemuan besar orang di sebuah kota.

 

Teotihuacan dan lainnya penting pemukiman Era Klasik

Sejarah

Asal dan pondasi

Sejarah awal Teotihuacan cukup misterius, dan asal pendirinya masih diperdebatkan. Selama bertahun-tahun, para arkeolog percaya itu dibangun oleh Toltec . Keyakinan ini didasarkan pada teks-teks masa kolonial, seperti Codex Florentine , yang dikaitkan situs ke Toltecs. Namun, kata Nahuatl “Toltec” umumnya berarti “pengrajin dari tingkat tertinggi” dan tidak selalu mengacu pada peradaban Toltec berpusat di Tula, Hidalgo . Sejak peradaban Toltec berkembang abad setelah Teotihuacan, rakyat tidak mungkin pendiri kota.

Dalam waktu Formatif Akhir, sejumlah pusat perkotaan muncul di Meksiko tengah. Yang paling menonjol dari tampaknya telah Cuicuilco , di pantai selatan Danau Texcoco . Para ahli telah berspekulasi bahwa letusan Xitle gunung berapi mungkin telah mendorong emigrasi massal keluar dari lembah pusat dan ke dalam lembah Teotihuacan. Ini pemukim mungkin telah didirikan dan / atau mempercepat pertumbuhan Teotihuacan.

Sarjana lain telah mengulurkan Totonac rakyat sebagai pendiri Teotihuacan. Ada bukti bahwa setidaknya beberapa orang yang tinggal di Teotihuacan berimigrasi dari daerah-daerah dipengaruhi oleh peradaban Teotihuacano, termasuk Zapotec , Mixtec dan Maya orang.

Pembangun Teotihuacan mengambil keuntungan dari geografi di Cekungan Meksiko. Dari tanah berawa, mereka dibangun tempat tidur mengangkat, yang disebut chinampas. Hal ini memungkinkan untuk pembentukan saluran, dan lalu lintas kemudian perahu untuk mengangkut makanan dari peternakan di sekitar kota.

Yang paling awal bangunan pada tanggal Teotihuacan sampai sekitar 200 SM. Piramida terbesar, Piramida Matahari , telah selesai dengan 100 AD.

Zenith

Kota ini mencapai puncaknya pada 450 Masehi, ketika itu adalah pusat budaya yang kuat yang pengaruhnya diperpanjang melalui banyak wilayah Mesoamerika. Pada puncaknya, kota tertutup lebih dari 30 km ² (lebih dari 11 ½ mil persegi), dan mungkin bertempat berpenduduk 150.000 orang, dengan salah satu perkiraan mencapai setinggi 250.000. [10] kabupaten Berbagai orang kota ditempatkan dari seluruh wilayah Teotihuacano pengaruh, yang tersebar selatan sejauh Guatemala . Terutama absen dari kota ini adalah benteng dan struktur militer.

 

Landasan sepanjang Avenue of the Dead menunjukkan talud-tablero gaya arsitektur

 

Dipulihkan partion arsitektur Teotihucan menampilkan penggunaan Mesoamerika khas cat merah dilengkapi pada dekorasi emas dan batu giok pada marmer dan granit.

Sifat interaksi politik dan budaya antara Teotihuacan dan pusat-pusat wilayah Maya (juga di tempat lain di Mesoamerika) telah menjadi daerah lama dan signifikan untuk diperdebatkan. Substansial pertukaran dan interaksi terjadi selama berabad-abad dari Terminal Preclassic dengan periode Mid-Classic. “Teotihuacan yang diilhami ideologi” dan motif bertahan di pusat-pusat Maya ke Classic Akhir, lama setelah Teotihuacan sendiri telah ditolak. Namun, ulama memperdebatkan tingkat dan tingkat pengaruh Teotihuacano. Beberapa percaya bahwa mereka memiliki dominasi langsung dan militeristik, yang lainnya bahwa adopsi dari “asing” karakter adalah bagian dari selektif, sadar dan dua arah difusi budaya . Penemuan-penemuan baru menunjukkan bahwa Teotihuacan tidak jauh berbeda dalam interaksinya dengan pusat-pusat lain dari kerajaan kemudian, seperti Toltec dan Aztec. Hal ini diyakini bahwa Teotihuacan memiliki pengaruh besar pada Maya Preclassic dan Classic, kemungkinan besar dengan menaklukkan pusat Maya beberapa daerah, termasuk Tikal dan wilayah Peten, dan mempengaruhi budaya Maya.

Gaya arsitektur terkemuka di Teotihuacan ditemukan tersebar luas di sejumlah situs Mesoamerika yang jauh, yang beberapa peneliti telah ditafsirkan sebagai bukti luas Teotihuacan yang interaksi dan dominasi politik atau militeristik. Sebuah gaya terutama terkait dengan Teotihuacan dikenal sebagai talud- tablero , di mana sisi yang ke dalam-miring eksternal dari struktur (talud) yang diatasi oleh sebuah panel persegi panjang (tablero). Varian dari gaya generik ditemukan di sejumlah situs kawasan Maya, termasuk Tikal , Kaminaljuyu , Copan , Becan , dan Oxkintok , dan khususnya di Cekungan Peten dan pusat Guatemala dataran tinggi. Para talud-tablero gaya pra-tanggal penampilan yang paling awal di Teotihuacan pada periode Klasik Awal, tetapi tampaknya berasal di Tlaxcala-Puebla wilayah selama Preclassic. Analisis telah melacak pengembangan ke varian lokal dari gaya talud-tablero di situs seperti Tikal, di mana penggunaannya mendahului munculnya ke 5 abad motif ikonografi berbagi dengan Teotihuacan. Gaya talud-tablero disebarluaskan melalui Mesoamerika umumnya dari akhir periode Preclassic, dan tidak secara khusus, atau hanya, melalui pengaruh Teotihuacano. Tidak jelas bagaimana atau dari mana gaya menyebar ke wilayah Maya.

Kota ini adalah pusat industri, tempat banyak, perhiasan tembikar dan pengrajin. Teotihuacan dikenal untuk memproduksi sejumlah besar obsidian artefak. Tidak ada Teotihuacano kuno non- ideografik teks yang diketahui ada (atau diketahui telah ada). Prasasti dari kota-kota Maya menunjukkan bahwa bangsawan Teotihuacan perjalanan ke, dan mungkin ditaklukkan, penguasa lokal sejauh Honduras . prasasti Maya dicatat individu dijuluki oleh para ahli sebagai ” Owl Spearthrower “, tampaknya penguasa Teotihuacan, yang memerintah selama 60 tahun dan diinstal nya kerabat sebagai penguasa Tikal dan Uaxactun di Guatemala .

 

Topeng batu ditemukan di Teotihuacan, ke-3 untuk abad ke-7.

Para ahli telah berdasarkan interpretasi tentang budaya di Teotihuacan pada arkeologi, mural yang menghiasi situs (dan orang lain, seperti Mural Wagner , ditemukan dalam koleksi pribadi), dan prasasti hiroglif yang dibuat oleh Maya menjelaskan pertemuan mereka dengan penakluk Teotihuacano. Penciptaan mural, mungkin puluhan ribu mural, mencapai puncaknya antara 450 dan 650 AD. Kesenian para pelukis tak tertandingi di Mesoamerika. Telah dibandingkan dengan pelukis di Renaissance Florence, Italia .

 Tutup

Para ahli berpikir bahwa penjajah menyerang kota pada abad ke 7 atau 8, pemecatan dan membakarnya. Bukti yang lebih baru, namun, tampaknya menunjukkan bahwa pembakaran terbatas pada struktur dan tempat tinggal berhubungan terutama dengan elit kelas. Beberapa orang berpikir ini menunjukkan bahwa pembakaran itu dari pemberontakan internal. Mereka mengatakan teori invasi cacat karena pekerjaan arkeologi sejak awal kota itu difokuskan secara eksklusif pada istana-istana dan kuil-kuil, tempat-tempat yang digunakan oleh para elit. Karena semua situs menunjukkan terbakar, arkeolog menyimpulkan bahwa seluruh kota itu dibakar. Sebaliknya, sekarang diketahui bahwa kehancuran itu berpusat pada struktur sipil utama di sepanjang Avenue of the Dead. Beberapa patung tampaknya telah dihancurkan dalam cara yang sistematis, dengan fragmen mereka bubar.

Bukti awal penurunan populasi sekitar abad ke-6 memberikan dukungan untuk beberapa hipotesis kerusuhan internal. Penurunan Teotihuacan telah berkorelasi dengan panjang kekeringan terkait dengan perubahan iklim 535-536 AD. Teori penurunan ekologis didukung oleh sisa-sisa arkeologis yang menunjukkan kenaikan persentase kerangka remaja dengan bukti malnutrisi selama abad ke-6. Temuan ini tidak konflik dengan salah satu dari teori-teori di atas, karena kedua perang meningkat dan kerusuhan internal juga dapat menjadi efek jangka umum kekeringan dan kelaparan.  Pusat terdekat lainnya seperti Cholula , Xochicalco , dan Cacaxtla bersaing untuk mengisi kekosongan kekuasaan yang ditinggalkan oleh penurunan Teotihuacan itu. Mereka mungkin telah selaras diri terhadap Teotihuacan untuk mengurangi pengaruh dan kekuasaan. Seni dan arsitektur di situs-situs mengemulasi bentuk Teotihuacan, tetapi juga menunjukkan berbagai pilihan model motif dan ikonografi dari bagian lain dari Mesoamerika, khususnya wilayah Maya.

Teotihuacan Budaya

Etnis

Bukti arkeologis menunjukkan bahwa Teotihuacan merupakan kota multi-etnis, dengan tempat yang berbeda ditempati oleh Otomi , Zapotec , Mixtec , Maya dan bangsa Nahua . Para Totonacs selalu menyatakan bahwa mereka adalah orang-orang yang membangunnya. Suku Aztec mengulangi cerita itu, namun belum dikuatkan oleh temuan arkeologi.

 

Sebuah detail ditemukan pada Piramida Quetzalcoatl di Ciudadela, sekarang ditampilkan di Museum Teotihuacán.

Pada tahun 2001, Terrence Kaufman disajikan bukti linguistik menunjukkan bahwa sebuah kelompok etnis penting dalam Teotihuacan adalah dari Totonacan dan / atau Mixe-Zoquean afiliasi linguistik. Dia menggunakan ini untuk menjelaskan pengaruh umum dari Totonacan dan Mixe-Zoquean bahasa di banyak lainnya bahasa Mesoamerika , orang-orang yang tidak memiliki riwayat diketahui kontak dengan salah satu dari yang disebutkan di atas kelompok. Sarjana lain berpendapat bahwa kelompok penduduk terbesar pasti dari Otomi etnisitas, karena bahasa Otomi diketahui telah diucapkan di daerah sekitar Teotihuacan baik sebelum dan setelah periode klasik dan tidak selama periode tengah.

Agama

Pada tahun 1992 Volume tengara mereka, An Illustrated Dictionary para Dewa dan Simbol Meksiko Kuno dan Maya, Miller dan daftar Taube delapan dewa:

  • Storm Allah
  • Dewi Besar
  • Para Ular Berbulu . Sebuah dewa penting di Teotihuacan; paling erat terkait dengan Piramida Ular Berbulu.
  • The Old Allah
  • Ular Perang. Taube telah membedakan dua dewa ular berbeda yang penggambaran pengganti pada Piramida Ular Berbulu: Ular Berbulu dan apa yang disebutnya “Perang Ular”. Peneliti lain lebih skeptis.
  • Para terjaring Jaguar
  • Para Pulque Allah
  • Tuhan Fat. Dikenal terutama dari patung-patung dan sebagainya diasumsikan terkait dengan ritual rumah tangga.

Ester Pasztory menambahkan satu lagi:

  • Tuhan dikuliti. Dikenal terutama dari patung-patung dan sebagainya diasumsikan terkait dengan ritual rumah tangga.

Konsensus di antara para sarjana adalah bahwa dewa utama dari Teotihuacan adalah Dewi Besar Teotihuacan .

Arsitektur sipil dominan adalah piramida. Politik didasarkan pada agama negara; pemimpin agama adalah pemimpin politik.

Teotihuacanos dipraktekkan pengorbanan manusia : tubuh manusia dan hewan kurban telah ditemukan selama penggalian dari piramida di Teotihuacan. Para sarjana percaya bahwa orang mempersembahkan korban manusia sebagai bagian dari dedikasi saat bangunan diperluas atau dibangun. Para korban itu mungkin musuh prajurit ditangkap dalam pertempuran dan dibawa ke kota untuk ritual pengorbanan untuk memastikan kota bisa makmur. Beberapa pria yang dipenggal kepalanya, beberapa memiliki hati mereka dihapus, yang lain dibunuh oleh dipukul beberapa kali di kepala, dan ada yang dikubur hidup-hidup. Hewan yang dianggap suci dan mewakili kekuatan mistis dan militer juga dikubur hidup-hidup, dipenjara dalam sangkar. Cougars, serigala, elang, elang, burung hantu, dan bahkan ular berbisa

Banyak masker batu telah ditemukan di Teotihuacan, dan umumnya telah diyakini telah digunakan selama konteks penguburan, meskipun beberapa ulama menyebutnya dipertanyakan, mencatat bahwa masker “tampaknya tidak berasal dari penguburan”.

Residensi

Teotihuacan adalah campuran dari daerah pemukiman dan bekerja. Rumah elit biasanya senyawa yang bertempat keluarga elit ganda (satu rumah ditemukan yang mampu perumahan 60-100 keluarga). Perumahan elit yang biasanya terbuat dari plester, setiap dinding di setiap bagian dihiasi dengan mural. Senyawa atau kompleks apartemen yang biasanya ditemukan di dalam pusat kota. Danau besar Cekungan Meksiko memberikan kesempatan bagi orang yang hidup di sekitar mereka untuk membangun tempat tidur mengangkat produktif, atau chinampas, dari rawa, konstruksi kotoran yang juga diproduksi saluran antara tempat tidur. Berbagai bagian kota bertempat kelompok etnis tertentu dan imigran. Daerah ini disebut perkampungan, yang berarti lingkungan. Biasanya, bagian dari kota itu berbicara beberapa bahasa.

Situs Arkeologi

 

Piramida Matahari dan Diorama Teotihuacán di Museum Teotihuacán.

Pengetahuan tentang besar reruntuhan Teotihuacan tidak pernah benar-benar hilang. Setelah jatuhnya kota, penghuni liar tinggal di berbagai situs. Selama masa Aztec, kota ini tempat ziarah dan diidentifikasi dengan mitos Tollan, tempat matahari sudah diciptakan. Teotihuacan takjub orang Spanyol conquistadores selama era pasca-penaklukan. Hari ini Teotihuacan adalah salah satu atraksi arkeologi paling terkenal di Meksiko.

Penggalian dan Penyelidikan

Pada akhir abad ke-17 Carlos de Siguenza y Gongora (1645-1700) melakukan beberapa penggalian di sekitar Piramida Matahari. Penggalian arkeologi Kecil dilakukan pada abad ke-19. Pada tahun 1905 arkeolog Leopoldo Batres ( es: Leopoldo Batres ) memimpin proyek besar penggalian dan restorasi. Piramida Matahari dipulihkan untuk merayakan seratus tahun Perang Kemerdekaan Meksiko tahun 1910. Penggalian di Ciudadela dilakukan pada tahun 1920, yang diawasi oleh Manuel Gamio . Bagian-bagian lainnya dari situs yang digali pada 1940-an dan 50-an. Proyek situs-lebar pertama restorasi dan penggalian dilakukan oleh Inah 1960-65 dan diawasi oleh Jorge Acosta . Usaha ini memiliki tujuan membersihkan Avenue of the Dead, mengkonsolidasikan struktur yang dihadapi, dan menggali Istana Quetzalpapalotl .

Selama instalasi pertunjukan “suara dan cahaya” pada tahun 1971, pekerja menemukan pintu masuk ke sistem terowongan dan gua bawah Piramida Matahari.  Walaupun para ahli lama berpikir untuk menjadi sebuah gua alam, pemeriksaan yang lebih baru telah membentuk terowongan sepenuhnya buatan manusia. Bagian dalam Piramida Matahari tidak pernah sepenuhnya digali.

Pada 1980-1982, program lain utama dari penggalian dan restorasi dilakukan pada Piramida Ular Berbulu dan Avenue of kompleks Mati. Baru-baru ini serangkaian penggalian di Piramida Bulan telah sangat memperluas bukti praktek budaya.

 

Tata letak kota

Tata Letak Situs

Luas kota pusat jalan , yang disebut “Avenue of the Dead” (terjemahan dari nama Miccoatli Nahuatl nya), diapit oleh arsitektur upacara yang mengesankan, termasuk besar Piramida Matahari (terbesar kedua di Dunia Baru setelah Piramida Besar Cholula ) dan Piramida Bulan . Di sepanjang Avenue of the Dead yang lebih kecil talud-tablero platform. Suku Aztec percaya bahwa mereka makam, inspirasi nama jalan. Sekarang ulama telah membentuk platform ini adalah upacara yang atasnya dengan candi.

Melanjutkan ke Avenue of the Dead adalah daerah yang dikenal sebagai Benteng, berisi hancur Kuil Ular Berbulu . Daerah ini merupakan plaza besar dikelilingi oleh candi-candi yang menjadi pusat keagamaan dan politik kota. Nama “Benteng” diberikan kepadanya oleh Spanyol, yang percaya bahwa benteng. Sebagian besar rakyat tinggal di bangunan apartemen besar tersebar di seluruh kota. Banyak bangunan yang terkandung lokakarya di mana pengrajin tembikar yang diproduksi dan barang lainnya.

Tata letak geografis Teotihuacan adalah contoh yang baik dari tradisi Mesoamerika perencanaan kota , pemukiman dan bangunan sebagai representasi dari pandangan alam semesta. Jaringan perkotaan sejalan dengan tepat 15,5 º timur Utara. Satu teori mengatakan ini adalah karena fakta bahwa matahari naik pada sudut yang sama pada siang hari musim panas yang sama setiap tahun. Pemukim digunakan pelurusan untuk mengkalibrasi rasa waktu atau sebagai penanda untuk menanam tanaman atau melakukan ritual tertentu. Teori lain adalah bahwa ada situs kuno banyak di Mesoamerika yang tampaknya berorientasi dengan gunung tertinggi di daerah mereka diberikan. Hal ini tampaknya menjadi kasus di Teotihuacan, meskipun gunung untuk yang berorientasi tidak terlihat dari dalam kompleks Teotihuacan karena punggungan gunung dekat. Mematuk-lintas kalangan di seluruh kota dan di daerah sekitarnya menunjukkan bagaimana orang berhasil mempertahankan grid perkotaan jarak jauh. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk mengarahkan Piramida ke gunung yang jauh dari pandangan.

Para Ciudadela telah selesai pada tahap Miccaotli dan Piramida Matahari menjalani serangkaian kompleks penambahan dan renovasi. Senyawa Besar dibangun di Avenue of the, Dead barat Ciudadela. Ini mungkin pasar kota. Keberadaan pasar yang besar di pusat kota sebesar ini merupakan bukti kuat dari organisasi negara. Teotihuacan adalah pada saat itu terlalu besar dan terlalu rumit untuk secara politis layak sebagai sebuah chiefdom.

Para Ciudadela adalah senyawa tertutup besar mampu menahan 100.000 orang. Sekitar 700.000 meter kubik (meter) dari bahan itu digunakan untuk membangun gedungnya. Ciri utama adalah Kuil Quetzalcoatl, yang diapit oleh apartemen elit. Senyawa seluruh dirancang untuk membanjiri pengunjung.

Ancaman dari pembangunan

Taman arkeologi Teotihuacan berada di bawah ancaman tekanan pembangunan. Pada tahun 2004, gubernur negara bagian Meksiko , Arturo Montiel , memberikan izin untuk Wal-Mart untuk membangun sebuah toko besar di zona arkeologi ketiga taman. Menurut Counterpunch.org , “[P] artefak riceless ditemukan selama toko konstruksi dilaporkan diangkut ke tempat pembuangan lokal dan pekerja yang dipecat ketika mereka mengungkapkan pembantaian kepada pers

 

Para Ciudadela, di sisi berlawanan dari Piramida Bulan

Baru-baru ini Teotihuacan telah menjadi pusat kontroversi Resplandor Teotihuacano,  cahaya besar yang diusulkan dan suara yang spektakuler, meliputi struktur logam besar, 2.500 lampu dan tiga kilometer dari kabel.

 

360 ° View of the Avenue of the Mati, Piramida Matahari dan Piramida Bulan

 

Panoramic view dari puncak Piramida Matahari , dengan Piramida Bulan di paling kanan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: